Artikel Kesehatan

PENYAKIT MATA DALAM KEHAMILAN

Selama masa kehamilan, dapat terjadi beberapa perubahan pada mata yang mungkin menyebabkan gangguan penglihatan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya retensi cairan, peningkatan volume darah, fluktuasi hormon dan perubahan fisik lain selama kehamilan. Umumnya perubahan ini bersifat sementara dan segera kembali setelah bayi dilahirkan atau setelah menyapih anak dari proses menyusui. Selain itu umumnya perubahan yang terjadi  minimal dan tidak memerlukan penggantian ukuran kacamata. Meskipun demikian, tindakan bedah refraktif seperti LASIK tetap tidak boleh dikerjakan selama seorang wanita sedang hamil atau menyusui.

 Jika gangguan penglihatan dirasa cukup mengganggu, perlu juga dievaluasi adanya peningkatan tekanan darah yang cukup sering terjadi pada ibu hamil ataupun diabetes pada ibu hamil.

 Fluktuasi hormon yang terjadi juga dapat menyebabkan kondisi mata kering. Untuk meredakan keluhan ini, ibu hamil dapat meminta resep obat tetes mata lubrikan yang aman digunakan pada ibu hamil.

 Hal terakhir yang sering menimbulkan perdebatan adalah terkait mata minus pada ibu hamil. Ibu hamil dengan gangguan refraksi miopia (mata minus) tidak jarang dikonsulkan oleh dokter kandungan untuk evaluasi kondisi retina karena ditakutkan dapat terjadi robekan pada retina apabila pasien menjalani partus normal pervaginam. Terkait hal ini, telah dilakukan studi dan dipublikasikan dalam berbagai literatur yang menyatakan bahwa ibu hamil dengan mata minus tinggi dapat tetap menjalani partus normal pervaginam tanpa peningkatan risiko terjadinya robekan pada retina. Setiap pasien dengan mata minus tinggi memiliki risiko yg lebih tinggi untuk menderita ablatio retina (robekan pada retina) dan hal ini tidak berhubungan dengan cara ia melahirkan bayinya.

 Meskipun demikian, akan tetap lebih baik bila ibu hamil kontrol ke dokter spesialis mata sebelum melahirkan, untuk evaluasi kondisi mata/ retinanya. Hal ini penting untuk deteksi kelainan yg mungkin sudah ada tapi tidak menimbulkan gejala.

 

BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA

dini

BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA

Narasumber : dr. Dini Hapsari, SpM

Air sirih, atau yang lebih dikenal dengan daun tanaman Piper Betle, pertama kali diperkenalkan dapat mempunyai manfaat dalam bidang medis sejak 400 tahun SM di India. Kandungan tanaman Betle ini diklaim memiliki kemampuan sebagai antiseptik, detoksifikasi, serta antioksidan, sehingga sering digunakan sebagai obat kumur maupun obat untuk membersihkan luka pada badan. Meskipun demikian, hal tersebut belum dapat terbukti melalui penelitian jangka panjang yang melibatkan banyak orang. Konsentrasi, kepekatan serta sterilitas kandungan air sirih tersebut juga belum dapat dipastikan untuk mendapatkan fungsi antiseptik tersebut.

Banyak mitos yang menyebutkan bahwa rendaman air sirih dapat menyembuhkan minus, meredakan iritasi mata, serta baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut SALAH BESAR. Mata minus tidak dapat disembuhkan dengan cara apapun kecuali dengan prosedur pembedahan khusus. Air sirih juga tidak dapat membawa manfaat apapun pada mata, justru dapat menimbulkan risiko kebutaan akibat infeksi.

Bagian tumbuh – tumbuhan, termasuk diantaranya adalah tanaman sirih,  banyak mengandung jamur, yang kemudian dapat berpindah ke mata jika diteteskan ke mata. Sebagai akibatnya, dapat terjadi infeksi jamur pada mata, ataupun infeksi mikroorganisme lain seperti bakteri maupun parasit. Infeksi jamur pada mata umumnya bersifat berat dan relatif sulit untuk disembuhkan. Setelah sembuh, luka bekas infeksi tersebut akan meninggalkan bekas jaringan parut pada kornea, yang bersifat permanen dan tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan prosedur pembedahan cangkok kornea.

Berikut adalah contoh infeksi jamur pada mata :

mata

Dengan demikian, setelah mengetahui bahaya kebutaan akibat penetesan air sirih maupun air rendaman tumbuh – tumbuhan lain ke mata, hendaknya jangan melakukan hal tersebut. Segera konsultasi ke dokter bila terdapat keluhan pada mata. Jangan sepelekan keluhan mata anda.

 

 

Waspada Cedera Mata Saat Pesta Petasan dan Kembang Api

Keratoplasti (Transplantasi Kornea)

Extension Bulu Mata

Tumor Mata

tumor mata

RS MATA AINI

PENYAKIT MATA DALAM KEHAMILAN 2018-04-02 - Selama masa kehamilan, dapat terjadi beberapa perubahan pada...
Diskon Obat Glaukoma 2018-04-03 -
BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA 2018-02-28 - BAHAYA PENETESAN AIR SIRIH KE MATA Narasumber : dr. Dini ...
Kaleidoskop 2017 2018-01-25 -

INFO RS MATA AINI

Apakah ARMD itu ? 2015-10-23 - Age-related macular degeneration (ARMD) adalah penyakit pada...
Glaukoma 2015-11-06 - Apa itu glaukoma?Glaukoma adalah penyakit pada syaraf pengli...
Keratitis 2016-12-01 - Keratitis adalah peradangan pada kornea. Kornea merupakan ja...
Efek Keracunan Metanol pada Mata 2017-06-22 - Efek Keracunan Metanol pada Mata(Methanol Toxic Optic Neurop...

RS MATA AINI | FACEBOOK