Artikel Kesehatan

Extension Bulu Mata

Keratoplasti (Transplantasi Kornea)

Tumor Mata

tumor mata

Ulkus Kornea

Ulkus Kornea

Diplopia- dr.Dialika,SpM

Efek Keracunan Metanol pada Mata

Efek Keracunan Metanol pada Mata
(Methanol Toxic Optic Neuropathy)

Terdapat banyak variasi efek keracunan konsumsi methanol. Salah satunya keracunan methanol dapat memberikan efek penurunan tajam penglihatan pada kedua mata secara mendadak. Angka kejadian keracunan methanol pada mata masih sulit didapatkan, namun kejadiannya dianggap masih cukup sering terjadi di Negara berkembang seperti Indonesia. Cukup sering kita dengar berita kejadian kasus ini beriringan dengan berita meninggalnya beberapa orang pasca mengkonsumsi ‘miras oplosan’.
    Metanol merupakan ‘wood alcohol’,  yang sering kali digunakan sebagai pelarut zat kimia bahan industry. Namun pada saat yang sama masih banyak orang yang menggunakannya sebagai campuran dalam minuman beralkohol.  Metanol sesungguhnya memliki derajat tokisitas yang rendah, namun setelah diserap kedalam tubuh, methanol akan diubah menjadi senyawa asam format yang sifatnya beracun. Senyawa inilah yang diduga bertanggung jawab terhadap terjadinya kondisi asidosis dalam tubuh dan gangguan fungsi penglihatan. Efek keracunan methanol pada mata akan menimbulkan keluhan pandangan kedua mata yang buram mendadak. Biasanya kejadian ini terjadi dalam kurun waktu 12 Sampai 24 jam dari waktu konsumsi minuman beralkohol.  Selain gejala pada mata, gejala lain yang mungkin timbul adalah mual, muntah, sakit kepala, kejang , penurunan kesadaran hingga kemungkinan  meninggal dunia. Pada mata sendiri biasanya pasien akan mengeluhkan gangguan penglihatan kedua mata yang cukup berat bahkan tak jarang tidak melihat sama sekali.
    Bila sudah terjadi maka penderita harus segera mendatangi instalasi gawat darurat di rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Penanganan yang segera dapat meningkatkan kemungkinan kesembuhan. Penanganan yang diperlukan mulai dari penanganan asidosis, penanganan gangguan napas, pemberian etanol sebagai zat anti terhadap methanol, pemberian bicarbonate, ataupun tindakan cuci darah (hemodialisa) sehingga membutuhkan koordinasi dengan spesialis penyakit dalam dan spesialis saraf. Pada ilmu kesehatan mata, terdapat pula alternatif pemberian terapi steroid yang sifatnya masih kontroversial hingga kini.
    Prognosis keracunan metanol pada mata berkaitan dengan mulai dari jumlah methanol yang dikonsumsi dan beratnya derajat asidosis –semakin berat asidosis, semakin berat pula kemungkinan untuk disembuhkan. Prognosis juga terkait jumlah asam format yang sudah terakumulasi dalam darah.

 

 

 

RS MATA AINI

Skrining Retina 2017-11-14 -
Extension Bulu Mata 2017-09-25 -
Peningkatan Mutu & Keselamatan Pasien 2017-09-15 -  INDIKATOR MUTU RUMAH SAKIT MATA AINI  A. INDIKATOR MUT...

INFO RS MATA AINI

Apakah ARMD itu ? 2015-10-23 - Age-related macular degeneration (ARMD) adalah penyakit pada...
Ulkus Kornea 2017-08-24 -
Tumor Mata 2017-08-28 -
Glaukoma - dr. Suci Istiqa Mustafa. SpM 2017-04-18 - Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, glaukoma merupakan p...

RS MATA AINI | FACEBOOK